Solo, 25 Juni 2011 Tidak seperti tahun lalu, SBC -Solo Batik Carnival- tahun ini diadakan malam hari. Rute yang dilewati para peserta mulai dari SCP Purwosari-Slamet Riyadi-Balai Kota. Menurut informasi dari mbak-nya yang di resepsionis depan SGM, klo mau nonton SBC tanpa berdesel2 ria disediakan tiket VIP sebesar 100rb dan VVIP sebesar 200rb. Bujubuneh.. Rencana mau jalan2 lihat stand sepanjang pinggir jl slamet riyadi jam 5 sore, tapi berhubung adekku mandinya luamaa banget jadi molor jam 6.15 deh. Sekalian aja buat nyari tempat yang nyaman buat nonton SBC. Bermacam2 souvenir, baju batik, sandal batik sampe kuliner dijajakan di pinggir jalan tersebut. Aku,mbak, n adek beli2 bentar lalu jalan lagi buat nyari tempat nonton. Kita milih tempat di depan Diamond Hotel -dekat panggungnya para tamu VIP n VVIP-. Karena ada pengumuman bagi yang mau foto2 peserta SBC dengan jelas segera naik ke tribun dekat panggung, tempat terbatas. Eh adekku ngloyor pergi. Ternyata yang pada di tempat situ seperti para wartawan gitu, habis cameranya semua DSLR. Mungkin klo cameranya DSLR ga bakal begitu ketahuan, la ini cuma camdig. hmm. Acara dimulai pukul 7 malam. Menjelang jam 7 banyak peserta yang lewat naik becak, mobil sampe kereta kencana menuju SCP Purwosari. Katanya mereka habis gladi resik. Jam 7 lebih tapi belum juga terlihat rombongan peserta datang. Yang ada hanya nyanyian dari grup band yang vokalisnya agak fals, dan para penonton yang mulai duduk di pinggir jalan. Anak2 kecil pada main sesuka mereka. Ada nih anak kecil yang gerak terus, dia tuh kaya caper gitu. Dia tuh guling2 di jalan. Eh ni mana ibunya sih?? Aku dan mbakku nyari2 kira yang mana ibunya. Kita sempet berpikiran mungkin dia ditinggal ibunya..hehe Dari arah SCP udah ada polisi yang menertibkan penonton. Aku sampe kegencet2 sama orang yang di samping. Waktu berjalan. Tapi peserta ga muncul2 juga. Penonton yang udah ditertibkan kembali seperti semula. Sekitar jam set8, kita kembali ditertibkaan. Tapi kali ini beneran tak berapa lama terlihat rombongan peserta beriringan menampilkan batik2nya. Kayaknya SBC kali ini mengangkat tema cerita2 legenda ditu deh. Mulai dari Ande-ande Lumut, Roro Jonggrang, Kencana Wungu, sampe Ratu Pantai Selatan. Aku ngambil video sambil desak2an.huft. Di akhir barisan ada juga cewek yang mengalungkan selendang Puteri Indonesia. Tapi aku ragu apa itu Putri Indonesia beneran..hehe. Di belakangnya ada Putri Kebudayaan gitu. Acara slesai jam 9. Lalu aku ma mbakku pulang. Eh ternyata adekku dah pulang duluan. -.- Sebelum pulang kita beli nasgor dulu. Laper belum makan malam..hehe
Hai blog! Yai UAN selesai! Saatnya refreshing. 2hari setelah UAN aku bolang ke Solo. Sebenernya sih mau sendirian, kan asyik tuh klo bolang sendiri..hehe eh ga taunya ga boleh ma orang tua. Alhasil si disgusting adikku ikut. Oke walaupun dia ikut harus tetep menyenangkan! Dia harus mengikuti nurut sama aku. .haha.
22 April 2011
Jumat pagi aku berangkat. Rencana mau naik jogsem –Bapakku berubah pikiran, awalnya aku disuruh naik bus kota- sekalian nganterin mbakku yang mau pergi ke Jogja. Ternyata tiket buat ke Solo adanya yang jam 1 siang. Yang pagi udah penuh. Yaudah deh kita minus mbakku langsung ke banyumanik buat nyari bus jurusan Solo. Karena libur cukup panjang, bus2 pada penuh. Aku dapet bus tapi berdiri. Yaudah deh gapapa. Kebiasaan tidur di bus, aku bisa tidur sambil berdiri lho..haha. Klo ga salah sekitar di Salatiga aku dapet tempat duduk. Sampai di Solo jam 10.30. .lalu kita naik BST (Batik Solo Trans) menuju hotel Arini. Setelah check in, kita istirahat bentar lalu siap2 buat objek wisata yang pertama yaitu THR Sri Wedhari. THR ini letaknya di sepanjang Jl Slamet Riyadi. Karena sejalan kita jalan menuju kesana. Kita tanya2 sama tukang becak. Sambil menikmati jalan, tak lupa kita foto2 di sepanjang jalan menuju THR. Tiket masuk THR 6rb/orang. Buat wahananya ntar juga bayar lagi. Masuk kesana kita lihat2, kog ni THR kayaknya cuma buat anak kecil ya,,habis rata2 wahananya buat anak kecil. Yaudah deh kita cari wahana yang bisa buat semua umur. .kita naik bom2 car (6rb/org), kereta mini (5rb/org) –aku gonduk banget naik wahana ini, ditulisannya 2x putaran..ku kira 1x putarannya cukup lama ya, eh ga taunya muternya kecil banget..nyesel deh-, lalu kita main di lempar bola (Rp500,-/koin). .dapet hadiah 2 chiki lho..hehe. Di sana ketemu pasutri bule lagi lihat2 THR. Setelah puas kita lihat lomba nari yang diadain di lingkungan sana, lihat galeri lukisan.
Malam harinya kita naik becak puter2 alun-alun utara kraton Kasunanan. Ku kira klo malem disana ramai kayak di Simpang 5 gitu, ternyata lumayan sepi. .ramainya klo sore. Naik becak sambil menikmati keindahan malam, eh ga taunya tepat sampe di alun2 ban becaknya bocor. Ni pasti gara2 berat badan adikku yang super, soalnya ban yang bocor tepat di bawah tempat duduk adikku. Setelah ngasih uang ke pak becaknya, kita jalan2 alun2 dan nyari makan malam. Hasil dari rekomendasi adikku, yang habis lihat acara kuliner di TV, kita makan di warung Shi Jack. Ni warung jual macam2 susu. Aku pesen Sukamandi (Susu Coklat Madu Dingin) sama roti bakar coklat madu. Rasanya lumayan enak. Setelah kenyang kita cari becak buat ngantar kita pulang ke hotel. Biaya becak2 disana murah lho ga kayak di Semarang. Jarak jauh –ga bisa misalin berapa meter, pokoknya jauh banget deh- aja cuma 20rb. Sebenernya malam itu kita juga mau ke Ngarsopuro, tempat nongkrong anak2 gaul Solo. Tapi malam itu malam Sabtu jadi ga ramai. Kita sampe di hotel jam 9.
23 April 2011
Rencana hari ini kita ke museum Radyapustaka –dekat THR Sri Wedhari- dan Kraton Kasunanan. Setelah sarapan, jam 8 kita pergi menuju museum naik BST. Sampai disana ternyata masih tutup. Huh, informasi dari internet salah, katanya museum buka dari jam 8-11. Lalu kita cari becak buat pergi ke Kraton. Mungkin sambil jalan2 waktunya pas dengan bukanya kraton –soalnya kraton bukanya jam 9.00-14.00-. Sampai di kraton, bener masih tutup. Banyak wisatawan yang nunggu di pelataran kraton sambil foto2. Lalu kita jalan2 bersama pak becak, kita di ajak muter di sekitar kawasan sama pak becaknya. Bapaknya seperti pemandu wisata nerangin ke kita berbagai macam hal kayak abdi dalemnya, kegiatan kraton, kegiatan masyarakat sekitarnya, dll. Jam 9 kita udah di keraton. Sambil menunggu penjaga loketnya datang, kita foto2 dulu, lihat souvenir2 yang dijajakan. Untuk masuk ke kraton biayanya 10rb/org dan Rp3500,- buat ijin kamera. Kita masuk lihat2 museum kraton sambil menunggu pemandu a.k.a abdi dalemnya. Setelah abdi dalem siap, kita mengikuti rombongan keluarga. Maksud hati biar ga usah bayar gitu. .hehe. Buat bayar pemandu sebesar Rp 20.000,-. Masuk ke Kraton ga boleh pake celana atopun rok di atas lutut, dan ga boleh pake sandal. Kata si pemandu tanah yang ada di kraton berasal dari pasir pantai selatan dan katanya orang yang habis datang dari kraton, sakitnya seperti reumatik hilang. Aku dan adikku walaupun pake sepatu, copot sepatu buat ngerasain nginjak tanah kraton tanpa alas. Aku mendengarkan pemandunya dengan seksama. Aku meninggalkan rombongan itu buat foto2..hehe. Masak orang dengan kursi roda ga boleh nginjak tanahnya kraton, waktu itu lihat ada keluarga yang bawa ayahnya sakit dan pake kursi roda tapi di stop buat jalan di atas tanah. Setelah keluar dari kawasan Kraton, aku mencari rombongan lain agar dapat penjelasan gratis dari si pemandu. Adikku juga sempet bareng sama rombongan yang ada bulenya. Waktu aku dan adikku ikut rombongan dari Tuban. Sempet ketahuan. Akh sebel. Jadi waktu mau pindah dari satu ruangan ke ruangan lain, aku dan adikku berada di depan, nah sepertinya si pemandu tau aku ga dari rombongan itu. Lalu dia bilang, “Dari Tuban, yang dari Tuban.” Yah bapaknya tau. Lalu kita ke belakang dan ketawa2. Kita masih mendengarkan penjelasan dari si pemandu. Setelah cukup, kita memisahkan diri dan foto2 sendiri. Saat di ruang penyimpanan kereta, kita dipinjamin kalung kain abdi dalem dan difotoin sama bapak2 abdi dalem, yang (maaf ya pak) agak sedikit kesulitan bicara. Biayanya Rp10.000,00. Waktu Bapaknya mau motoin kita, minta ijin dulu lho sama penghuni kereta itu. Kita juga mencoba air sumur kraton, air yang katanya digunakan oleh raja untuk semedi. Setelah beli2 souvenir kita pulang naik becak yang tadi nganter kita –bapaknya emang nunggu kita ^.^-
Lalu kita diputer2in lagi sama bapaknya. . lewat ngarsopuro, lihat persiapan buat ntar malem, lihat tempatnya kereta uap. Kita berhenti di Museum Radyapustaka. Ni museum pertama yang ada di Solo lho. Masuk museum Rp2500/org. Biaya kamera Rp5000,00. Rata2 barang2 yang ada di museum ini sama kayak di museum kraton. Disana kita ketemu sama keluarga Jepang. Aku sempet mau menyapa “Konnichiwa” lho tapi ga jadi..hehe. Pulangnya kita mampir beli es nya Solo jaman dulu. Enak lho. Sampai di hotel udah ada mama n bapakku. Setelah sholat kita check out dan cari makan siang. Kita makan di 13064-13061 alias BOGA-BOGI. Suasana restaurantnya nyaman. Makanannya enak lagi.
Setelah makan, awalnya kita mau ke Sondokoro, tapi karena udah siang jadinya kita ke SGM buat jalan2 dan nunggu bus tingkat yang hasil dari pendengaran pembicaraan antara sopir bus dan bapak2 alias nguping, jalan jam setengah 3. Sampai di SGM, kita tanya sama penjual tiket, katanya busnya beroperasi malem jam 7. Biaya tiketnya Rp25.000,00 keliling kota Solo. Klo hari biasa Rp20.000,00. Tiketnya berupa pin lho. Malem itu, pertama kalinya bus Werkudara namanya beroperasi malem. Karena waktunya masih lama, kita nunggu di kantornya bapakku dulu. Jam 18.15 kita bertolak dari kantor Bapak ke SGM. Sampai sana, ternyata busnya belum dateng. Sambil menunggu, aku dan adikku duduk2 di depan SGM, banyak juga yang mau naik. Jam 7 tepat bus datang. Kita ga kebagian tepat di atas. Yaudah deh gapapa. Syukur alhamdulillah saat masnya bilang klo penumpang yang di atas gantian sama yang di bawah saat sampai di Taman Satwa Jurug. Yeeii. Malam itu gerimis, jadi kurang seru deh. Sampai di patung Pahlawan Slamet Riyadi, penumpang dibolehkan turun dan berfoto2 selama 5 menit. Lalu perjalanan di lanjutkan. Senangnya lihat suasana malam kota Solo. Sampai di Jurug. Kita tukar tempat sama yang di atas. Sayang saat disana hujan, jadi ga bisa foto2 deh, padahal waktu yang diberikan 15menit lho. Aku baru tau klo UNS dekat sama Jurug. Taman, tugu disekitar Jurug bagus. Sampai di sekitar Palur (klo ga salah nama), panitia dari bus Werkudaranya buka bagian atas bus. Padahal masih hujan lho. Tapi gapapa deng seru, romantis..hehe. Ada kejadian romantis lho, ada pengantin baru pake payung berdua warna kuning saat atap bus dibuka, mereka kelihatan romantis. Saat itu juga ibu2 yang duduk di belakang mereka motret mereka, aku curi pandang gitu hasilnya bagus. Romantis. Beberapa kali aku kena tetesan air dari ranting2 pohon yang kena bus. Tapi seru sih. Setelah 2 jam, bus kembali lagi ke SGM. Sebelum turun kita tak lupa (tetep) foto2 dulu..haha. Pulangnya aku dan keluarga makan nasi liwet dulu.
Dua hari liburan cukup mengobati kepenatanku selama menjelang UN sampai UN berlangsung ^^ (foto2 menyusul..haha)
Sabtu kemarin aku dan keluarga GPBS main-main di bantir, lebih tepatnya nengok adik kita yang jaga anak kelas X GPLB alias kemah. Karena Sabtu itu aku dan Ajeng ada les tambahan Neutron jam 1 an, begitu juga dengan Nurul yang ada acara dengan teman2nya kelas XI, akhirnya kita sepakat berangkat jam 6. Anak-anak yang tinggal di daerah bawah kumpul di Milo -tempat bus-bus gitu-. Dan yang tinggal di daerah atas nunggu di halte Kesatrian.
Jam 6 ku udah nyampe di Milo dengan diantar Bapak. 15 menit aku nunggu anak-anak (Ajeng, Rida, dan Ika) tak kunjung datang. Aku jadi gregetan. Aku udah sms, telpon mereka berkali-kali tetap aja ga ada tanda-tanda mereka datang. Bapakku pun juga jadi jengkel dan dampaknya ke aku. Sampai beliau bilang, "Balek wae,,paling kowe diapusi kancamu!". Yah bapakku ngajak aku pulang karena teman-temanku tak kunjung datang. Aku bilang ke bapak, "Ga og. Katanya mereka lagi di perjalanan. Yaudah bapak pulang dulu to."Bosan mulai merasuki. Hingga akhirnya datanglah teman bapakku. Aku bersyukur karena bapak jadi bisa ngobrol-ngobrol dengan temannya. Lama sudah Bapakku ngobrol dengan temannya tapi mereka yang ditunggu tak datang juga. Tiba-tiba ada sms masuk yang berbunyi "Tante kita nyasar". Itu sms dari Rida. Katanya dia nyasar dengan Ika. Aku jadi semakin gregetan. Batinku ga usah bercanda deh, cepet dateng lebih bagus. Mereka kan udah SMA, paling nggak udah mengenal daerah Semarang, apalagi buat daerah Milo secara mereka dulu sekolah di SMP 2. Setelah ku balas, "Kog bisa? Cepet!!". Beberapa menit kemudian mereka datang. Lalu bapakku pergi. Setelah itu Ajeng pun datang. Sekarang giliran menunggu bus jurusan Sumowono. Lama banget sampai aku jadi kebelet pipis. Alhasil aku pipis di SMPku tercinta. Lama ga main kesini, aneh rasanya. Jadi terasa sempit sekolahnya -yaiyalah secara sekarang sekolah di SMA 3 yang lebih lebih luas banget. haha- Aku lihat adik-adik SMP yang kecil-kecil. Lucu. Masih kecil udah SMP. Sepulang dari SMP, bus tak kunjung datang. Sampai Nurul pun telpon, dia jengkel nunggunya kita. Katanya bus jurusan Sumowono udah lewat sampai sana. Jadilah perdebatan. Ya mungkin itu bus berangkat kurang dari jam 6 atau mungkin ga lewat Milo.
Bus datang. Walaupun sempet sebelumnya kita ditarik-tarik untuk ikut bus jurusan Ambarawa. Kata keneknya klo hari Sabtu ga ada bus jurusan Sumowono. Kita berangkat. Dan setelah bus sampai Kesatrian, Nurul dan Titien masuk. Ternyata Leila juga ikut. Waktu bus berhenti di derah banyumanik ku lihat sesosok yang kukenal, dan ternyata Leila. Jadilah kita ber-7 cewek-cewek berangkat ke Bantir. O ya gara-gara kita ceek semua, waktu di Milo kita sempet ditakut-takutin klo pergi ke daerah Bandungan banyak penculikan. Kita kan Strong Women, jadi santai-santai aja. haha. Butuh waktu 1,5 jam untuk sampai di terminal Sumowono. Lalu kita jalan sampai ke Bantir.
Sesampainya kita langsung ke barak kesehatan. Disana hanya ada dek Rere dan Setri. Kita sebel karena kedatangan kita ga disambut dengan hangat. Lihat aja ntar dek! hahaha. Tapi gapapalah kita dapat makan gratis dari adeknya. Karena perut masih laper kita memutuskan untuk cari makan dulu lalu kita hiking untuk melihat keadaan adik yang lain. Tapi waktu kita mau berangkat hiking, ternyata kak Luwak dan kak Agus turun. Kita lihat raut wajah Kak Luwak ga enak. mungkin ada sesuatu yang ga beres. Kita datang mendekat untuk membantu. Ternyata ga ada apa-apa. Tapi tetep ada yang aneh dari kak Luwak. Yasudahlah. Setelah itu kita hiking dengan dipandu bapak dari PMI. Enak banget hiking. Aku rindu. Tapi gara-gara udah lama ga hiking, baru beberapa perjalanan udah terasa capek. Walaupun begitu hiking tetap dilanjutkan. Satu per satu kita ketemu sama adik-adik kita. Hiking selesai. Lalu kita pulang. Otomatis kita jalan lagi untuk sampai ke terminal. Karena jam udah menunjukkan lewat jam makan siang, kita memutuskan untuk makan bakso di pinggir jalan. Tak salah makan di warung bakso ini. Selain baksonya yang enak, pemandangan dari warung ini juga indah dan enak dilihat.
Sekitar jam 12.30 kita sampai di terminal. Kita langsung cari bus tujuan Semarang. Ternyata bus itu berangkat jam 2. Yah mau gimana lagi kita harus nunggu sampai jam 2. Menunggu emang membosankan. Udah lama menunggu ternyata baru jam 12.45 Lalu kita lihat bus Minas -bus yang sama waktu berangkat-, aku dan Ajeng bertanya ke bapak sopir, katanya bus berangkat jam 1. Alhamdulillah, ga perlu nunggu sampai jam 2. Dan tentunya aku dan Ajeng masih bisa sempet les -walaupun ikut yang sesi 2-. Coba klo naik bus yang tadi. Bus berangkat jam 13.10 Selama di perjalanan ku tidur. Setelah bus samapi banyumanik Leila turun. Dan satu per satu seperti Nurul, Titien, Rida, dan Ika turun. Tinggal aku dan Ajeng. Hujan mulai turun. Untung bus kita lewat Neutron, jadi ga kita ga bakal kehujanan. Ya perjalanan dari bantir dilanjut dengan les sampai jam 5.
Udah tiga hari ini aku les neutron. Tapi sebelum les aku mesti ke sekolah dulu buat bahas acara enterpreneurship dan launching GBC. Les di liburan ini bahas untuk soal-soal kelas X dan XI yang muncul di soal SNMPTN. Enak juga tentor-tentor neutron. Habis dari les ku main-main ma Buntal. Hari pertama (Selasa) kita ke Gramedia. Ada 2 jam lebih kita disana. Hari ke dua (Rabu) kita main ke rumahnya Ajeng buat nagih oleh-oleh dia dari Bali. Dan lagi-lagi aku pinjem komiknya..hehe. Klo kita bertiga udah ketemu seperti biasa deh menggila. Pulang dari rumah Ajeng sore. Aku semept kehujanan. Untung hanya gerimis. Dan hari terakhir ini aku, Buntal, Eva, dan Hani temen Buntal makan mie ayam Bedagan. Naudzubillah deh buat makan disana. Harus punya rasa sabar yang tinggi. Ramaaaiii banget. Panas alias sumuk lagi. Klo kita jadi customer yang kayak di Dinner Dash udah di tinggal pergi deh gara-gara hatinya habis. hehehe Ya gitu aja deh ceritaku. ^.^
Sabtu kemarin ku bersama keluarga+adek sepupuku yang berusia 4th yang bernama Angga pergi ke Solo. Eh iya Angga bener-bener sendiri lo ga sama ibu atau bapaknya. Dia rumahnya Mranggen. Main ke rumahku Jumat lalu dan trus nginep sendirian deh tu anak. Trus diajak ajak ke Solo, dianya juga mau sih.
Lanjut ke crita. Walaupun bapakku kerja di sana tapi ku jarang ke Solo. Soalnya acara kegiatan yang ku ikuti sering banget bebarengan dengan acara kumpul keluargaku. Alhasil ku jadi jarang kumpul bareng mereka. Siang pukul 2 kita berangkat dari rumah. Ternyata jalan menuju Solo padet banget, ya maklum ini kan musim liburan sekolah. Yaudah deh sampai di Solo -tepatnya Kartasura, kantornya bapakku- pukul 6. Kita sholat dan nunggu bapakku yang nyelesain urusannya di kantor. Setelah itu makan malam di Taman Sari, tempat makan yang selalu ku kunjungi kalo ke Solo. Setelah makan bapakku muter-muter kota Solo dulu sebelum ikut acara di kantor pusat (PLN APJ Solo). Lalu kita diantar di hotel Arini tempat kita nginap. Dan betapa konyolnya, untuk menuju hotel ini bapakku lewat kantor APJ Solo. Yah jelas ntar ketauhan apalagi kita pake mobil dinas yang ada tulisannya UPJ Kartasura. Dan ternyata udah banyak teman-teman bapakku yang dateng. Kekonyolan datang juga kepada mamaku. Beliau menjadi biang kacau -piss mah- yang membuat kita sampe ke hotel jadi lama. Masak ya, padahal hampir tiap jumat mamaku ke Solo, dia ga apal-apal juga jalan-jalan yang ada di Solo. Dan waktu itu udah tau mamaku ga tau jalan, eh malah bapakku nurut jalan yang dibilang mamaku. du du du du du du.
Sampailah di hotel. Ku sekamar sama mbakku. Bapak, mama, adek, dan Angga sekamar. Maklum mereka di kamar yang lebih gede. Setelah istirahat sebentar, bapakku langsung ke acaranya (q ga tau) yang dilanjut nonton world cup bareng. Karena hotelnya deket (menurutku sih) dengan Solo Grand Mall, ku berniat kesana setelah mandi dengan jalan kaki. Setelah mandi, mbakku+adekku ga mau kesana alasannya jauh dan malas jalan. Alhasil ku cuma sama mamaku yang kesana. Kata mamaku mall ini tutup jam 9. Gila ya masa mall tutup jam segitu padahal malam minggu lo. Sampai disana tepat pukul 9. Ku nggak percaya sama omongannya mamaku masalahnya masih rame banget disana. Tapi kata mamaku yang dulu kesini malem, jam 9 emang udah disuruh pulang. Setelah masuk, walaupun rame kulihat banyak toko-toko yang udah tutup dan siap-siap mau tutup. Begitu juga dengan pengunjungnya, kulihat udah pada mau bergegas pulang. Langsung deh kita ke mataharinya. Disana ku membeli pakaian dalam. Dan ku tanya ke mbaknya jam berapa tutupnya, ternyata jam setengah sepuluh. Tapi tetep aja tergolong cepet banget buat ukuran mall. Setelah bayar di kasir, keluar dari matahari udah pada sepi, toko-toko udah tutup semua. Ternyata yang buka sampe jam setengah sepuluh cuma mataharinya aja. Balik lagi ke hotel dengan jalan kaki. Untung ku masih bisa lihat pertandingan babak ke-2 antara Jerman-Argentina sesampainya di hotel. Ku seneng banget Jerman bisa menang 4-0. Karena capek ku langsung tidur, tentunya ga lupa sholat+sikat gigi dulu. Rencananya ku nanti pukul 00.30 mau lihat Spanyol-Paraguay. Namun rencana tinggal rencana ku ketiduran dan ga bisa nonton. Tapi tak apalah jagoanku tetap menang. Love David villa. hehehe.
Paginya ku diajak sama Angga buat jalan-jalan di depan hotel karena hari minggu di Solo itu car free day sampe jam 10. Tapi karena masih ngantuk+belum mandi ku gak ikut. Setelah sarapan, kita semua pergi ke kampung batik Laweyan. Lagi-lagi mamaku jadi biang kacau. Karena cuma dia yang udah pernah kesini. Disini hampir disetiap rumah jualan batik -pantesan aja disebut kampung batik-. Tujuan kita yaitu batik Sidomukti. Kata mamaku koleksinya komplit. tapi gara-gara mamaku yang lupa jalan kita muter-muter dulu. Kita lihat dulu peta yang disediakan. Dan mencari dimana Batik Sidomukti. Ada bapak-bapak yang bilang ke bapakku kalo peta itu kebalik. zzzz. Ternyata tadi kita udah lewat tokonya. Langsung deh mbakku bersemangat untuk cari-cari batik yang bagus. Dia mborong banyak. Ku cuma beli tas dan kaos. Angga tidur sini. Sampai mbak-mbak penjualnya bilang, "Kog gampang men turu mbak!". Aku juga jadi geli lihatnya. Mungkin karena lantainya dingin dan ada kipas angin gedhe disekitarnya, jadi dia gampang tidur. Setelah semua udah milih barang, Angga tetep aja masih tidur. Dan pas mau dibangunin, tiba-tiba dia bangun sendiri dan berkata, "robott!!". Emang dari tadi dia pengin dibelin robot. Setelah shopping kita balik ke hotel untuk check out. Perjalanan pulang. Angga masih rewel untuk dibeliin robot. Lalu kita berhenti di toko Luwes di Boyolali untuk beliin dia robot. Disini kata kakak ku juga tutup cepet, toko ini udah tutup jam 8 malam. zzz. Setelah itu kita juga sempat mampir beli oleh-oleh. Sampai di Salatiga (sepertinya. .hehe) kita berhenti dulu di warung sate langganan bapak+mbakku. Karena ga mau ninggal angga yang sedang tidur sendirian -dia tidur lagi- di mobil kita bangunin tu anak. Mungkin karena capek, dia nangis. Sampai lama banget buat nenangin ni anak. Kalo badannya kecil sih tinggal digendong aja menuju ke warung. Sayangnya badan+tenaganya gede banget. Kalo udah ga sesuai dengan keinginannya dia meronta dengan tenaganya yang super itu. Tapi kalo biasanya sih dia lucu dan pintar. Setelah nangis lama dan membutuhkan perjuangan untuk menenangkannya, dia diam dan makan banyak banget. Setelah makan kita lanjut perjalanan. Kita berhenti di Kampoeng Kopi Banaran. Bapakku janjiin aku kesini karena kemarin ku minta ke Tawangmangu atau wisata alam lainnya di Solo tapi Bapakku gabisa buat nurutin kemauanku itu karena Tawangmangu jauh dari pusat kota apalagi Senin Bapak harus balik lagi ke Solo. Jadi Banaranlah buat penggantinya. Ku belum pernah kesini sebelumnya. Aku pengin banget nyoba flying fox yang ada disini. Tapi karena hujan pihak Banaran tidak memperbolehkan pengunjung naik flying fox. Yaudah deh kita cuma bisa naik kereta wisata dan berfoto-foto ria. Harga tiket kereta 50rb (sepertinya,,dan gatau itu satu orang ato udah keretanya..soalnya bapakku yang bayar ^.^). Kita puter-puter banaran yang luas banget. Kita juga bisa lihat Rawa Pening dari bukitnya. Kita minta kereta berhenti untuk foto-foto dengan background yang bisa keliahatan Rawa Peningnya. Bagus Banget. Setelah puas berkeliling kita pulang soalnya hari udah sore. Coba kalo dari pagi pasti bisa lebih lama disini. Aku pengin kesini lagi. Bareng temen-temen pasti seru.
Jam 5 kita sampai rumah. Dan mendapat kabar yang tidak enak. Tunggu postinganku selanjutnya ya!
Tak terasa liburan sudah memasuki minggu ke-2. Senin ini aku melakukan liburan yang menyehatkan. Aku bersama Buntal (Herdyani K), Ajeng, dan Nurul lari-lari di TLJ (Tri Lomba Juang). Rencana kita mau kumpul di Pom Bensin di deket TLJ pukul 6. Aku dari rumah pukul 6, rencana mau berangkat jam setengah 6, tapi gara-gara ada beberapa tetek bengek yang harus diselesaikan ku berangkat jam 6. Tak kira Buntal udah berangkat dari rumah jam setengah 6 gara-garanya dia sms, "Haduh Riang masih peteng ni jalanku menuju angkot". Karena kasihan kalau dia udah nyampe sana duluan, langsung aja ku tancap gas. Tak kusangka dari rumahku menuju TLJ hanya membutuhkan waktu 14menit. Soalnya masih pagi. Sesampainya disana cuma ada aku. Dan ku lihat hape ternyata ada sms dari Buntal yang isinya: "Riang, dikau sudah berangkat". Dan ku balas: "Ku dah nyampe." dan ada sms dari Ajeng juga untuk jemput dia. Lalu ku sms Buntal "Kamu nyampe mana?". Dan ku jadi gregetan setelah tau balesan dari dia "Ku baru mau keluar dari gang". Grrr. Yaudah akhirnya ku memutuskan untuk jemput Ajeng dulu. 11 menit waktu yang kubutuhkan dari TLJ ke jalan Jeruk (belakang Java). Ku langsung kembali lagi bareng Ajeng ke TLJ. Di pom bensin ternyata Buntal udah menunggu. Kita bertiga langsung memutuskan untuk langsung masuk TLJ (karena Nurul lama). Setelah pemanasan Nurul pun dateng. Langsung deh kita berempat lari di lapangan lari TLJ. Baru beberapa perjalanan Ajeng udah ga kuat. ckck. Akhirnya kita cuma berlari sebanyak 3 putaran. Tak lupa setelahnya kita mengabadikan moment ini. Dan kita berncana untuk 'minta makan' di rumahnya Ajeng.
Saatnya Pulang. Ku ambil tasku, ku cari kunci motorku. Dan hasilnya ga ada. Udah ku 'aduk-aduk' tasku, ku cari di kantong-kantong jaketku hasilnya tetap nihil. Memang ku punya kebiasaan buruk, lupa menaruh kunci motor. Selalu begitu. Pernah dulu ku sempet kehilangan kunci di Gramedia, akhirnya ku lapor di kantor satpamnya dan ternyata ada kunci motorku. Dan ku harus mengisi berbagai data. Lanjut ke kejadian hari ini! Setelah lama ku cari dan teman-temanku juga membantu nyari, akhirnya ada bapak-bapak berbaju kuning yang bilang "Cari kunci ya mbak? tadi jatuh di dekat motor ini. Trus saya kasihkan ke sana (tempat kbayar karcis motor). Alhamdulillah ada sedikit pencerahan! Langsung aja ku ke sana. Disana ku dikerjain dulu. Sempet ku jengkel sama bapaknya. Ku tahu kalo kunciku ada di genggamannya tapi Dasar bapak usil!! Setelah beberapa menit kunci itu kudapat. Tak lupa kuucapkan makasih. Dasar Stupid!! Semoga untuk kedepannya ku ga akan kayak gini lagi. Setelah kejadian itu, kita makan kacang hijau+kacang tanah dulu (beda sama bubur kacang hijau) yang ada di daerah situ. Setelah itu langsung tancap untuk dapat makan gratis. Hehehe. Aku dan Ajeng naik motor. Dan Buntal ma Nurul naik bis. Sesampainya di rumah Ajeng, kita berdua lihat tv sambil menunggu Buntal dan Nurul. Setengah jam kemudian Buntal dan Nurul sms suruh jemput di perempatan sebelum masuk gangnya Ajeng. Setelah berempat kumpul, langsung deh kita makan.
Menunda dateng ke Rapat GBC malah Menggila Aku dan Nurul juga ikut GBC (Ganesha Bussiness Community). Dan hari ini GBC ada rapat untuk acara seminar enterpreneurship -yang bakal kita adain tanggal 24 Juli nanti- jam 10. karena Nurul baru nyampe dan jam 10 itu setengah jam lagi dan juga kita masih capek kita telpon Sara, beritahu kalo kita dateng nyusul. Maaf ya Sar. Lalu kita menggila di rumah Ajeng. Kali ini yang jadi korban didzolimi aku. Karma ternyata memang ada, aku didzolimi oleh Buntal -yang hari-hari biasanya selalu ku aniaya-. Jam 11. Ku ga enak ma si Sara, langsung deh ku ngajak Nurul untuk dateng ke sekolah. Nurul agak 'ogah-ogahan'ke sekolah karena dia kalau ke sekolah ketemu sama Firsty yang ngajakin dia ma Rian Edi untuk makan siang bareng di Paragon sambil bahas GSO (Ganesha Sains Olympiade), ah jamuan makan siang gitu. Berasa kayak orang dewasa deh. .ckckck. Setelah ku bujuk-bujuk dia pun mau. Langsung kita ke sekolah. Kita langsung ikut rapat. Jam setengah satu rapat selesai. Nurul harus main kucing-kucingan biar ga ketemu Firsty. Yah tapi apa daya akhirnya mereka ketemu juga. Dan ternyata jamuan makan siang hari ini gagal dan diganti besok. Ku bingung deh kenapa ngomongin tentang GSO harus makan siang segala, kenapa ga di sekolah aja. Setelah urusan di sekolah beres kita balik lagi ke rumah Ajeng. Kita mau menggila lagi.
Tragedi Sesampainya di rumah Ajeng, Buntal dan Ajeng ngajakin beli es krim di Alfamart deket rumah Ajeng. Kita kesana naik sepeda. Berhubung sepedanya Ajeng hanya dua, ku ke Alfamart diboncengin Buntal. Sebenernya tu sepeda ga ada boncengannya dan ga ada tempat untuk berdiri dibelakang Buntal. Buntal ngsih ide untuk aku juga duduk di 'sedelnya'. Jadi tu sedel dibagi 2 orang. Mana kita punya pantat gede-gede. Hehe. Waktu lewat gangnya Ajeng ada perasaan aneh, ternyata sedelnya menjungkir ke belakang. Ku benerin deh tu sedel. Kita boncengan lagi. Tapi kali ini ku lebih was was dan perasaanku semakin ga enak. Tak berapa lama ku merasa sedelnya jungkir lagi ke belakang. Ku berteriak ke Buntal, "Eh eh Bun Bun Bun". tapi Buntal tak mengiharaukan. Langsung deh ku merosot. Dan Auuu. Bagian yang terpenting dalam hidupku sepertinya kecepit di antara sedel dan ban. Sakiittt banget. Sampe sekarang masih nyeri-nyeri gitu. Buntal ngerasa salah dan minta maaf.
Setelah beli es krim kita pulang dan nonton film horror pendek. Buntal, Ajeng, dan Nurul nonton dari luar (karena ga berani) dan aku nonton sendirian di ruang tamu (komputernya ada di ruang tamu). Ya bagiku lumayan horror ^^. Buntal harus pulang duluan. Tinggal aku dan Nurul. Nurul bingung mau pulang juga atau enggak soalnya dia lagi nunggu piutang dari Katrin yang katanya mau diantar sama masnya. Kasian Nurul dia udah nagih ke Katrin berkali-kali tapi Katrinnya seperti selalu menghindar, ada aja alasannya. Yaudah deh sambil nunggu kita nonton film-film pendek yang lucu abiss. Film2nya Suuju. Semakin sore, orang yang ditunggu tetep aja ga dateng. Akhirnya nurul juga jadi jengkel sendiri dan akhirnya kita pulang. Makasih ya Jeng yang udah 'ngasih aku makan' >.< dan minjemin aku komik yang banyak banget (pokoknya seluruh koleksi komiknya dia ku pinjem. .haha ngrampok!).
Hari Sabtu kemarin GPBS angkatan 22 ngadain acara latihan dasar kepemimpinan (LDK) buat adek kelas alias GPBS angkatan 23. Acara mulai jam 6 dan aku harus dateng jam segitu soalnya ku bawa slayer adek2nya-intinya jadi orang yang wajib dateng jam segitu-. Tapi hawa liburan ada di dalam diriku. Ku baru bangun jam 6. Arrgh. Sebenernya alarm hp udah berbunyi sejak pukul 4.15 tapi ku matiin. Ku berniat untuk tidur beberapa menit lagi dan mandi jam 5. Waktu ku bangun ku kira jam yang ada di hape menunjukkan pukul 5 kurang seperempat. Ku seneng karena masih ada 15menit lagi. Pas ku siap2 mandi, ku balik ke kamar dan betapa kagetnya aku melihat jam beker di atas meja belajarku kalo disana menunjuk pukul 6 tepat. Segera aja ku kucek2 mata dan ku melototin jam beker itu. Dan ternyata benar. Lalu ku ambil hape dan ku sms Nurul untuk minta mav klo ku telat dan ku baru bangun. .ckck. Ku mandi cepet-cepet. Setelah mandi ada sms yang masuk agar aku segera ke skola. Segera ku siap-siap untuk meluncur ke skola. Tapi sebel hari itu ku harus dianter karna motorku mau dipake ama mbakku dan motornya mbakku mau diservis. Grrr. Padahal hari itu motorku sangat dibutuhkan untuk mengikuti adeknya mib dan ngambil makanan kakak kelas. Di jalan menuju skola ku di sms lagi untuk cepet nyampe karna adeknya udah mau mib. Yah. Ku bales klo ku dianter. Dan ternyata anak2 yang udah ada di skola ga ada yang bawa motor. Maaf buat rida ma Gema yang akhirnya juga harus ikutan mib bwt ngawasin adeknya ^^.
Di LDK ku sebagai sie acara dan pj di pos pp (Pertolongan Pertama). Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Dan kalian tau kan gimana enaknya klo kita jadi kakak kelas dalam acara kayak ginian (kayak pelantikan, pengkaderan, dll). .hehe. Adekku menjuluki aku kakak tersengak ^^. Bahkan waktu pas PAB (Pelantikan Anggota Bersama) dulu aku mendapat julukan kakak terhoror. .ckck. Emang aku nyeremin ya? haha
LDK selesai jam setengah 6. Ku kompakan dengan Ajeng untuk makan mie jowo dulu di samping SMALA sepulang LDK. Setelah sholat kami langsung melaksanakan rencana. Karena dipikir ga enak cuma 2 orang kami mengajak mangsa eh maksudnya teman. Akhirnya ada 5 orang yang terbujuk meskipun 3 orang dari 5 itu cuma beli minum untuk dibawa pulang. 3 orang itu Widhi, Ririn, dan Ifa, mereka pulang duluan karena rumahnya di daerah Banyumanik dan kalau mereka pulang malam takut udah ga ada bis Damri. Nurul dan Titin ikut makan. Sebenernya 2 anak ini juga naik bis Damri tapi karena terbujuk rayuan alhasil mereka harus pulang naek bis dua kali. Selama di warung kita menggibah Genk Cowok -sumpah ya masa cowok2 nge gank- yang ada di sekolahku. Setelah puas menggibah kami membayar mie dan minuman. Semua habis 44 rb. Setelah ku hitung, harga mie 8rb dan untuk es teh 2500 dan jeruk anget 3500. Busyett dah mahal banget. Mana rasanya biasa aja, sedikit asin juga (maaf buat penjual mie nya). Ku dan Ajeng berpisah dengan Nurul n Titin di depan Balkot dan kita berdua harus jalan sampe Lawang Sewu untuk mendapatkan angkot. Karena Ajeng masih belum puas dengan cerita genk busuk itu, selama jalan kaki dan di perjalanan naik angkot ku menceritakannya. Tak terasa cerita angkot udah nyampe di Espero dan ku harus berpisah dengan Ajeng. Setelah sampai di Gayamsari ternyata hujan. Dan ku minta jemput di Supriyadi. Makasih buat mamaku yang udah susah payah hujan-hujanan mau jemput aku. ^^
Tak terasa satu tahun sudah ku berada di kelas XI IA 6 atau yang kami sebut dengan nama SAPI SENAM (Satuan Pencari Ilmu Sains Enam). Ada pertemuan pasti ada juga perpisahan. Begitu pula yang terjadi dengan diriku dengan Sapi Senam (SS). Ku harus berpisah dengan SS yang sudah ku anggap seperti keluarga sendiri.
Hari Senin, 21 Juni 2010 pukul 08.00 para Sapi berangkat dari Smaga menuju Bandungan naik bis. Beberapa anak cowok berangkat pukul 09.00 naik motor. Terpaksa ku tidak bisa ikut dengan rombongan bis karena ku harus ikut ujian susulan LIA (make up test). Setelah selesai test ku berangkat naik motor bareng Eka dan Pramu yang juga ikut make up test. Sebenernya ada juga Usi yang ikut make up test tapi dia ga berangkat bareng kita –ada Pramu kali ya? (yang sabar ya Pram)-. Selama perjalanan ku merasa deg degan karena Eka yang memboncengi aku mengendarai motor dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam mana sering hampir nyrempet angkutan juga. Sebenernya ada perasaan senengnya sih, bukan karena diboncengin Eka, tapi perjalanan itu memacu adrenalinku. Kami menuju bandungan lewat gunung pati (goa kreo, ngrembel), emang gila tu si Pramu yang ngajak lewat situ, jadi jauh to ya!!. Gregetan deh. Gara-gara lama di perjalanan bokongku jadi pegel n sakit semua. Tapi gapapa juga hal itu terbayar dengan Pramu nraktir kita makn siang di daerah jimbaran. Akhirnya pukul 12.00 kita sampe juga di villa El Roy (klo ga salah) setelah sempet muter-muter dulu dan kebablasan nyari tu villa. Sesampainya di villa ku disodori kertas voting untuk sapi termaho(manusia homo) –dengan nominasinya hanung,fauzan, dan kulupa satunya-,sapi terkalem (nominasinya jundi, usi, dan ku juga lupa satunya), sapi terplengeh (nominasinya nying2, eka, dan ririn), sapi teraniaya (nominasinya rieza hambun, dani mitratama, dan pramu), sapi terbitch (nominasinya veda,wendi,dan ilaq (klo ga salah, kulupa), dan pasangan sapi terhot (nominasinya tria-kecap, fauzan-ayu, pramu-usi, dan ajib-vania). Setelah selesai ngisi ku naruh tasku di kamar atas-makasih buat temen2 yang udah jagain tempat :D. Aku sekamar sama Sarah, Nying2 a.k.a Anin, Fitri, Kamal, Nonik, Usi (dia nyusul sore harinya). Setelah sholat dan istirahat sebentar, acara pun dimulai pukul 14.00.
Acara Seru-Seruan di Siang Hari
Nia,Azka,Osi,Tria selaku acara membuat beberapa games yang bisa dibilang seru. Nama2 kelompok yang dibuat aneh2 kayak anjing,babi,celeng,dll (ku lupa). Ku dapet kelompok babi. Games pertama yaitu ngambil koin di dalam tepung. Sumpah ya ni games bikin hidungku kemasukan tepung, wajah blepotan n ku ngrasain gimana rasa tepung yang ga enak, mana koin ga berhasil ku temuin. Sial. Tau ga di piring kelompok ku masa ada sedikit tepung yang udah menggumpal –itu air liurnya sapa yang netes ke piring? Hii njijiki. Kelompokku kalah di games ini –ada Hanung sih. .hehe. Games yang kedua (masih dengan kelompok yang sama) yaitu games untuk melatih kekompokkan dimana kaki2 tiap orang diikatkan dengan kaki orang yang disebelah kanan-kirinya pake tali membentuk barisan horisantal. Kelompok yang tercepat balik ke start semula dialah yang menang. Kelompokku melawan kelompok anjing dan yang menang adalah kelompokku. Games selanjutnya adalah menebak judul lagu. Kali ini anggota kelompoknya beda. Ku mendapat tugas memperagakan judul lagu tersebut. Mulutku ditutup dengan sampur (slendang). Sumpah tu slendang baunya ga ketulungan. Dari 5 lagu yang disediakan kelompokku hanya bisa menjawab 4. Waktu ku memperagakan judul lagu teman, mereka (usi,sarah,pramu,dan bram) ga bisa jawab. Ku memperagakan dengan merangkul Osi –maksudnya biar tau klo itu temanku-, ee malah mereka njawab Osi (emang ada judul lagu Osi? o.O). Saking gregetannya akhirnya ku ngomong dan alhasil di dis deh kelompokku karena yang memperagkan ga boleh ngomong. Games yang terakhir yaitu mengambil kartu dengan mulut secara berantai. Kelompokku mendapat giliran ke-3. Bisa bayangin kan gimana bentuk kartu itu setelah dilewati mulut2 para sapi sebelumnya? Pas giliranku kartunya udah kerasa basah2 gitu. Pokoknya nggilani. Karena kartu sering jatuh di kelompokku yah kartu yang didapat pun sedikit. Setelah games tersebut kita ishoma. Acara dilanjut nanti setelah sholat maghrib dan makan malam.
Acara malam
Acara kali ini yaitu pengumuman award kepada sapi-sapi yang ada di kertas voting tadi siang. Untuk pemenang sapi termaho jatuh pada hanung, sapi terkalem jatuh pada Jundi, sapi terbitch jatuh pada Wendy –berhubung wendy ga dateng, diwakili deh ama mami kita (Veda)-, sapi terplengeh jatuh pada Eka, sapi teraniaya jatuh pada Rieza Hambun, dan yang paling award yang paling seru nih yaitu pasangan sapi terhot jatuh pada Vania-Ajib.Lalu dilanjutkan pembagian hadiah untuk lomba tadi siang. dan ternyata kelompokku ga menang satupun..hiks2 -_-
Kemudian acara selanjutnya yaitu sambung kata b.ing nanti yang ga bisa ngelanjutin kata dia harus milih jujur ato tantangan. Alhamdulillah ku ga jadi korban. Karena klo kita jadi korban misal milih tantangan kita bakal disuruh nembak a,b,atau si c. Contoh si Uniek dia dapat tantangan untuk nembak Ais dan Pramu –dia kalah dua kali, yang sabar ya nik! ^-^ -. Ada juga Sarah,Anisa,Usi,Pramu,Rieza,dan Ilak yang milih jujur. Yang lucu nih, si Fauzan kan kalah tapi waktu dia milih kertas tantangan dia dapet kertas tantangan untuk cewek. Udah ganti beberapa kali tetep aja dapat yang salah. Begitu juga dengan hanung. Klo maho ga kemana. .hehehe
Setelah permainan sambungkata selesai kita bakar2 jagung. Seru deh pokoknya. Makan jagung sambil melihat langit malam. Sayang bintangnya dikit banget. Karena banyak yang ga makan, beberapa jagung kita kasihkan ke tetangga sebelah.
Sesi Curhat dan Tangis2an
Para Sapi mencurahkan isi hatinya di malam yang udah semakin larut. Mereka cerita apa yang dirasain mereka selama satu tahun ini, gimana pertama kali masuk kelas SS. Banyak Sapi yang nangis. Aku pun juga ikut nangis. Setelah sesi curhat kita saling bersalam-salaman mengucap maaf dan berpelukan. Makasih buat SS yang telah mau denger curhatku, ngajari aku pelajaran, dan yang mau main ma aku. Maaf juga klo ku sering ngomong sengak ke kalian. Ya beginilah aku. Love U Sapi Senam.
Setelah tangis2an itu kita semua persiapan untuk tidur, anak laki2 balik ke villa masing2. aku dan beberapa teman sempet nonton film sebentar. Tapi karena nggak kuat nahan kantuk yaudah deh kita semua tidur di ruang tengah.
Pagi Hari
Rasanya berat untuk meninggalkan villa ini. Tapi kita harus pulang. Perpisahan sudah selesai. Bis menjemput pukul 9. Karena masih lama aku,Nonik,Nia,dan Rieza jalan2 keluar villa. Suntuk sih di dalam villa terus. Kita jalan2 dan foto2 –ini wajib, ga oleh terlewatkan. .hehe-. Waktunya pulang. Tak lupa juga sebelum pulang kita foto bersama di depan villa. Kali ini ku ikut rombongan bis. Dan sampai di smaga jam 11.
Kenangan dua hari satu malam itu ga akan mungkin kulupakan. Ada orang tertua di desa live in ku bilang “Ada pertemuan nanti ada perpisahan dan perpisahan juga akan mempertemukan di suatu saat nanti.” Semoga kita bisa dipertemukan lagi Sapi Senam. Jika kita sudah sukses nanti jangan lupa klo kita pernah berjumpa dalam keluarga Sapi Senam, kita pernah melakukan hal2 konyol, ejek2an, dan hal2 indah di masa remaja. Kita pasti akan tersenyum bahagia dan tertawa mengenang itu semua.