Pages

Senin, 04 April 2011

1. Janganlah engkau melihat pada kecilnya dosa, tapi lihatlah terhadap siapa engkau bermaksiat. Hindarkan dosa kecil karena akan tumbuh besar

2. Allah SWT menciptakan malaikat dengan akal tanpa nafsu, binatang dengan nafsu akal dan Allah ciptakan manusia dengan keduanya. Jika manusia lebih utamakan akal daripada nafsu, maka dia lebih mulia daripada malaikat, sebaliknya jika manusia lebih utamakan nafsu daripada akal maka dia lebih hina daripada binatang.

3. Pandanglah orang di bawahmu dan janganlah memandang kepada yang di atasmu karena itu akan lebih latak bagimu untuk tidak menghinakenikmatan Allah untukmu (HR. Muslim)

4. Malaikat jibril turun pada nabi dalam bentuk yang sangat tampan, lalu berkata “ Allah kirim salam padamu dan berfirman: Hai Muhammad Aku telah mewahyukan pada dunia supaya berpahit2, bersukar2, berkeruh2 dan berseempit2 pada para waliku supaya mereka lebih suka bertemu padaKu, sebab aku jadikan dunia sebagai PENJARA untuk para waliku (mukmin) dan SURGA bagi musuh2ku (Kafir) (Al Baihaqi)

5. Kebiasaan berterimakasih dengan tulus dan sungguh2 adalah ciri orang rendah hati, karena orang yang sombong amat berat untuk mengakui kebaikan orang lain.

6. Kebanyakan orang sulit mengatakan terimakasih dan minta maaf jika salah. Orang baik bukannya orang yang tak pernah berbuat salah tetapi orang yang : 1. Cepat memperbaiki kesalahan yang ia perbuat, 2. Mohon ampun kepada Allah, 3. Mohon maaf kepada yang bersangkutan, 4. Banyak melakukan kebaikan2, 5. Tidak mengulang kesalahan yang sama, 6. Berjiwa besar untuk mau diluruskan.

7. Attirmidzi & Albaihaqi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Dermawan itu dekat dengan Allah SWT, dekat pada orang2, dekat dari surga jauh dari api neraka dan orang bakhil itu jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari api surga, dekat dari api neraka. Dan orang bodoh yang dermawan lebih dikasihani Allah daripada Ahli ibadah yang bakhil/kikir. Kata Jibril, secinta apapun kita dengan dunia pasti kita akan berpisah dan kita pasti akan mati.

8. Mohonkanlah ampun kepada Tuhanmu, sesugguhnya Dia adalah Maha Pengampun (Q.S. 71. Nuuh:10) Barangsiapa yang senantiasa memperbanyak beristighfar maka Allah pasti akan selalu memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kelapangan dari segala kegundahan serta Allah akan memberikan rizki kepadanya dari arah yang tidak ia sangka2.

9. Bila hati bersih, bersih pula akhlaknya, bila hati bercahaya, mulialah cara bicaranya. Bila hati sehat, terjagalah lisan ucapan katanya, bila hati terjaga Nur-NYA, baiklah semua jalan hidupnya. Hati adalah lentera hidup, maka Jauhkan dari penyakit hati. Baik tidaknya seseorang coba lihat hati dan lidahnya.

10. Sesungguhnya marah adalah suatu alat patri (stempel) dari neraka jahanam, Allah meletakkannya dalam hati perasaan seseorang jika marah, merah mukanya, muram wajahnya, tegang tali urat syarafnya (Al Hakim). Di neraka ada pintu yang tidak dimasuki kecuali oleh orang yang memuaskan marahnya, dalam suatu hal yang memurkakan Allah (Attirmidzi) tetapi siapa yang dapat menahan marahnya karena Alllah, maka Allah akan menghindarkan dari siksaanNya (Atthabarani). Berbahagialah orang yang dapat menahan marah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Cheerful Blog. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.