Sabtu, 30 Juni 2012
Selasa, 19 Juni 2012
Rabu, 13 Juni 2012
Yee setelah beberapa minggu kita latihan futsal, akhirnya tiba juga hari kita berlaga di lapangan. It's first time, but we play nothing to lose ajaa. Kita ga berharap kemenangan tapi alhamdulillah klo menang. Gituu lah kata-kata coach kami :). Kita ngirimin 2 tim. Aku masuk ke tim A. And you know what? I'm a keeper. Haha
Teman-teman di tim A adalah Mb Dina, Mb Dita, Fani, Fuu, Puji, Mb Risa, Mb Dita, Mb Vero, Mb Bella, dan Alif. Tim A main melawan psikologi sebagai pembukaan pertandingan ini. Kita berdoa sebelum bermain. Aku gugup banget waktu itu. Aku berdoa terus sebelum wasit meniup peluitnya. Aku akan melakukan apapun semampuku, kata batinku. Akhirnya aku bisa menguasai diri. Gilaa tim psikologi sangar-sangar cuy. Mereka aja perawakannya besar-besar. Sempat mereka shooting beberapa kali di gawang aku. Sebisa mungkin aku halau agar tidak masuk. Dari aku tangkap pake tangan sampe halau pake kaki, sampe akhirnya Fani streaker tim kita memasukkan bola ke gawang lawan. Yeee 1-0. 20 menit pun udah berlangsung, kita istirahat. Semua rata-rata pemain udah digantikan, aku berharap digantikan oleh mb Vero yang lebih hebat dari aku. Tapi dia ga kunjung datang. Akhirnya aku pun main lagi. Bismillah aja deh. Permainan pun semakin panas. Tim psikologi semakin ganas. Hingga akhirnya ada seorang cewek yang menendang dari jarak jauh dengan lambungan tinggi. Kalo di slow motionin nih yaa,,aku bingung harus ngapain, aku agak gugup, karena aku tau postur tubuhku gimana. .haha. Ya bismillah aja deh aku coba lompat menghalau bola agar tidak masuk. Daaan ternyata GOOAAALL. 1-1 sama deh. Huhh. :(
Permainan dilanjutkan sampe aku dapat kartu kuning. Wkakakakak seorang keeper dapet kartu kuning. Jadi waktu itu aku ambil bola yang larinya ke samping gawang tapi masih dalam kotak keeper, aku juga bingung sih dimana letak kesalahanku tiba-tiba kartu kuning kudapatkan. Haha. Mas Rian -our coach- memintaku agar lebih waspasda. Permainan berjalan lancar, dan ada cewek yang mau nendang bola ke arahku, dia sendirian, sepi di sekelilingnya. Dan aku berusaha mau menangkap bola tapi apa daya meleset deh tuh bola dan keadaan berubah menjadi 1-2. Kita berusaha sekuat tenaga buat nyamain kedudukan tapi apa daya lagi beberapa menit kemudian peluit panjang pun terdengar. Kita pun dengan ikhlas menerima kekalahan kita. Kita bersalaman dengan lawan dan kita keluar lapangan, berharap tim B lebih baik dari kita.
Setelah berselang pertandingan futsal, tim B pun main. Tim B melawan D3 Sipil. Menit-menit awal sudah menandakan klo D3 Sipil keren banget. 3 bola sudah masuk ke gawang tim B. Namun akhirnya tim B bisa memasukkan bola ke gawang mereka. Dan hasil akhir pun menyatakan klo tim B juga kalah karena skornya 1-8.
Yasudah gapapa. Kita semua sudah berusaha sekuat tenaga. Ini pengalaman kita, karena emang masih awal dan pertama bagi kita. Kita harus lebih berlatih lagi biar bisa menunjukkan ke teknik yang lain klo cewek-cewek tekim pun tangguh. Hahaha
Semangat CEFC Girls!
Jumat, 01 Juni 2012
Teknik Kimia Peduli (TKP) adalah program kerja tahunan departemen hublu, masyarakat dan alumni HMTK. Acara ini dibilang berat karena acara yang yang paling besar dari program kerja hublu yang lain. Dept V bekerja sama dengan biro-biro di teknik kimia yaitu Al Fikri, Kinetika, dan Oxygen-16 dan tak ketinggalan club CESTR dan UNSUR. O ya blog TKP ini dibagi 4 Bakti, yaitu Bakti Kesehatan, Bakti Lingkungan, Bakti Sosial, dan Bakti Pendidikan. Pelaksanaan TKP pun di 3 tempat dalam waktu 2 minggu *ya nggak full juga 2 minggu*. Kita adain acara ini sabtu-minggu biar ga ganggu kuliah, kecuali yang bakti kesehatan.
Bakti Kesehatan
Bakti Kesehatan diadain tanggal 22 Mei 2012 di Gedung Teknik Kimia. Kita Dept V bekerjasama dengan PMI. Yups bakti kesehatan itu donor darah. Kita juga bekerja sama dengan Biro Oxy. Karena bakti kesehatan diadain pas hari kuliah makanya kita butuh orang banyak untuk shift2an. Aku hampir ga kerja sama sekali buat bakti kesehatan. Eh ga juga deng aku kan sekretaris. Hahaha. Jadi sekretaris itu berat banget looh (~^.^)~. Aku udah kerja buat daftar absen untuk yang donor pagi-pagi banget sebelum kuliah aku kasihin ke ulya yang jaga *yang penting ga magabu kan? wkwk*. Aku pengen banget donor tapi apa daya HB aku rendah. Kantong habis, donor darah pun selesai dan para panitia beres-beresin barang. Ini nih bagian yang paling ga enak klo punya acara. .haha. Satu bakti selesai, bakti yang lain menunggu. .
Bakti Lingkungan dan Bakti Sosial Part 1 (Create Product)
Dua bakti ini diadain dalam waktu bersamaan di desa yang sama di tempat yang beda. Dua bakti ini diadain tanggal 26 Mei 2012 di Desa Rowosari -desa ini lumayan terkenal lho bagi anak-anak undip karena desa ini sering dijadiin desa binaan- Kita kerjasama sama biro Oxy dan Club CESTR. Karena dua tempat kita dibagi dua. Klo bakti lingkungan itu kita mengajak adek-adek SD di desa itu untuk bersih-bersih lingkungan sekolah dan kelasnya. Klo bakti sosial part 1 a.k.a create product ini kita bertemunya sama ibu-ibu PKK gitu, kita memperkenalkan dan mengajari cara bikin sabun dari minyak jelantah karya mas Rio dan mb Harum yang pernah aku cerita di postingan sebelumnya. Karena aku juga anggota CESTR makanya aku ikut di create product. Kenapa dibikin part-partan karena hari minggunya (tanggal 27 Mei) juga ada Bakti Sosial Part 2. Cuma klo bakti sosial ini kita bekerjasama dengan BEM FK mengadakan pengobatan gratis. Yang buat bakti sosial part 2 ini aku ga ikut karena ada acara TO Ekobis di Kudus. Sedih juga sih ga bisa ikut, pengen banget sebenernya tapi yaa apa daya prioritasku di BEM karena personil di mereka lebih lebih sedikit bangeeet. Sempet gaenak juga waktu izin ke kadep n sekdep ku, aku teringat masa-masa gaenak waktu masih di evaluasi kata2 dari pembimbing 2009 "Ingat Rumah Dek" huuuh --" .
Okee balik lagi ke cerita ini. Kita kumpul di tekim jam 7 buat bantu sie konsumsi nyiapin es, makanan, serta kado buat adek-adek SDnya. Trus kita berangkat jam 8 ke Rowosari. Karena acara bakti sosialnya masih sekitar jam 10, makanya beberapa orang yang di bakti sosial bantu-bantu dulu di bakti lingkungan. Anak-anak SD disini lumayan nakal, bukan emang nakal kata temen2 yang seharian menghabiskan waktunya bersama mereka. Mereka sampe kelelahan menghadapinya. Masih SD aja bandel ya -,-. Semoga bisa berubah tuh anak-anak. hehe. Ibu-ibu PKK pada mulai dateng sekitar pukul 11.00 trus kita langsung mulai deh acara bakti sosial ini. Pembukaan, sambutan mas Okry selaku ketua HMTK 2012 trus penjelasan ke ibu-ibu deh klo minyak jelantah itu ga bagus buat tubuh makanya bisa dijadiin sabun deh. Kita jelasin bahan-bahan apa aja yang dibutuhin. Moderator dan peraga disini tuh ada 2 Puji -anak Jakarta- dan Wahyu -anak sragen, bisa basa krama- Kadang-kadang ada miskom gitu antara Puji dan ibu-ibu disana yang ga bisa bahasa indonesia. haha. Kita jadi bilingual (Indonesia dan Jawa). Geli banget sumpah. Untuk nyiapin acara create product ini cukup menguras otak lho,, karena kita menyederhanakan bahasa yang kita pake sehari-hari (mahasiswa tekim dan ilmuwan) agar mudah dipahamin di masyarakat. Malam sebelumnya kita menyusun kata-kata dan mencari bahasa jawanya juga. Selain bahasa kita juga mengkonvert ukuran-ukuran yang biasanya dipake di laborat contohnya kita butuh minyak jelantah 300 ml kita ubah jadi 2 gelas belimbing. Setelah penjelasan cukup kita pun langsung praktek. Kita minta ibu-ibunya buat mencoba sendiri. Ada nih satu ibu yang agak ngeselin. Dia tuh wajahnya sok-sokan gitu waktu kita ngajarin, mana klo tanya nadanya agak sengak gitu. .haha. Aku pamit duluan waktu itu gara-gara udah saatnya pulang buat ke Kudus.
Bakti Sosial Part 2 (Just Photos)
Bakti Pendidikan
Ya ini adalah bakti yang terkahir. Bakti Pendidikan, yang diadain tanggal 2 Juni di Rumah Satoe Atap. Jadi Rumah Satoe Atap itu kayak rumah asuh gitu, yang dikelola oleh kumpulan mahasiswa yang menamai diri mereka komunitas Satoe Atap. Di rumah Satoe Atap ini anak-anak jalanan dididik, diberi pengetahuan-pengetahuan gitu. Rumah Satoe Atap tahun lalu mengalami kebakaran, makanya sekarang sementara pindah di daerah kelinci. Denger cerita dari kadep-sekdep waktu itu mereka habis ke Rumah Satoe Atap trus berselang seminggu mereka mengalami musibah ini. Sediih yaa. check this out kondisi saat itu http://dotsemarang.blogdetik.com/index.php/2011/06/09/musibah-kebakaran-yang-melanda-adik-adik-satoe-atap-bantuin-yuk/ Nah klo bakti ini kita bekerjasama sama Kinetika - biro jurnalistiknya tekim- dan Club Unsur -club teater tekim-. Kita mulai acara jam 1 siang. Acara dibawain oleh pasangan MC yang gokil dan gilaaa habis -Winda 'n Dicka-. Acara di bakti pendidikan ini antara lain lomba mewarnai, drama dari Unsur, bikin kotak pensil dari kain flanel, dan menempel harapan di pohon harapan. Adek-adek disini lucu-lucu. Ada lhoo adek kecil cowok kelas 1 dia lengket ma aku, pengen dipangku terus ma aku gitu. .haha. Cuma aku lupa nama adeknya, maaf ya dek :). Aku keliling bantu adeknya mewarnai. Ada nih adek yang iri sama kakaknya gara-gara aku beritahu warna apa yang cocok. .hehe. Trus aku bantu deh tuh adek biar ga iri lagi. Saat unsur tampil raut wajah mereka terlihat senang dan bahagia gitu. Tak lupa juga kita bagi-bagi makanan dan es buah :D. Terakhir adalah kreativitas dengan kain flanel. Bagus-bagus dan lucu-lucu lho hasil kotak pensil mereka setelah selesai. Ada yang bikin angry bird lhoo. Acara selanjutnya adalah mereka kita kasih kertas lipat yang kita potong dengan bentuk lucu-lucu buat diisi tentang cita-cita mereka dan ditempel di pohon harapan.Aku ikutan nempel juga lhoo di pohon itu. .haha. Selesai acara tak lupa kita beres-beres dan pulang. Aku merasa bersyukur banget dengan rahmat apa yang telah aku dapatkan waktu melihat adek-adek di Rumah Satoe Atap yang buat pakaian aja seadanya, kayak pakaian bekas gitu. Oke, dadah adek2 semoga kita bertemu di lain kesempatan ^^
Alhamdulillah rangkaian acara TKP 2012 selesai daaaannnn LPJ menungguuuu. . . . (._.")
Jumat, 11 Mei 2012
Exhibition @ Patrajasa Hotel
Udah pernah denger tentang sabun dari minyak jelantah??? Blm pernah kan? Sabun dari minyak jelantah merupakan produk hasil penelitian kakak angkatan 2008 Mas Rio (Gregorius Rionugroho Harvianto)dan Mbak Harum (Harum Nissa Ulfasha). Tau ga klo produk ini menang dalam berbagai lomba; dari pkm, PPRI (Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia) dan yang terakhir dapat silver di lomba i-ENVEX International Engineering Invention and Innovation Exhibition di Malaysia. Kereen ga tuh? Dan kerennya lagi Mas Rio dan Mbak harum udah mendapat gelar ST dalam 3,5th. Mana dulunya mas Rio dan Mbak Harum itu kadep-sekdep Kaderisasi HMTK. Wuiih bggt yaa :). Nah pas kemarin di Patrajasa, kami anggota CESTR diajak mas Rio dan Mbak Harum untuk ikut memamerkan produknya ini. Untuk persiapan acara di patra tsb kita pelajari cara bikin sabun dari minyak jelantah, kita nge-run (sebutan untuk penelitian di lab) hampir setiap hari. dan tau ga waktu kita lagi nge-run yang hari kedua ada yang meledak lho!! Mas Rio yang ikut nge-run pun terheran-heran kog bisa meledak karena selama hampir 2,5 th dia penelitian ga pernah meledak. wkwk
Aku milih shift sore (jam 3) untuk dateng ke exhibitonnya. Aku bareng Puji, Rechti, Alpin. Sampe disana ternyata mas Rio dan mbak Harum juga barusan dtg setelah sebelumnya ditinggal pergi sebentar. Ternyata acara di Patra itu tuh acara pertemuan rektor se Jateng-DIY. Karena Undip jadi tuan rumah makanya Undip memamerkan produk2 hasil karya mahasiswa Undip. Tentunya sabun dari minyak jelantah, susu pasteurisasi, nugget dari mangga (bagian apanya mangga aku lupa), dan masih ada sekitar 5 lagi,, tapi aku lupa apa aja nama2 produknya :p. Waktu itu lagi sepi karena orang2nya lagi istirahat, habis dari makan. -___-. dan akhirnya kita foto2 deh di dalam ruang acaranya, di belakang produk sabunnya, foto pura2 lagi jadi tamunya dan mas Rio, mbak harum yang jelasin. .hehe. Trus kita lihat buku daftar penelitian yang dilakuin dosen undip. Ternyata dosen Tekim banyak lhoo karya penlitnya. .kereen deh. Setelah itu kita sholat. Habis sholat kita mainan ma adek kecil yang disekitar masjid bentar (sampai kita ditanyain mbak Harum kog lama bggt. .wkwk). Trus kita disuruh makan ma ibu2nya yang jaga stand dari undip. Awalnya kita malu2 tapi akhirnya mau juga. .wkwkwk. Sapa yang ga mau coba makanan gratis n enak #mentalmahasiswa. Kita puas2in deh makannya sebelum makanan2 itu diangkut ma mas2 pelayan hotel. Waktu mas2nya lagi masukin makanan2 ke plastik datanglah 2 temen yang suka makan. .wkwkwk. Langsung deh mereka sikat tuh makanan. Dan membawa makanan yang udh diplastikin ke meja. haha. Lalu Alpin punya ide untuk menguji sabun hasil nge-run kita. Kita ambil satu sendok dan satu piring untuk diuji coba di kamar mandi walaupun mbak Harum ga setuju. .wkwk. Hasilnya bersih tuh sendok tapi masih kerasa megang minyak waktu ditangan dan pas dibandingin dengan sabun yang ada di kamar mandi. Emang sabun yang kita bikin masih perlu penambahan antiseptik, pengharum. Dan kata mbak Harum emang begitu klo masih beberapa kali doang nge-runnya. .emang butuh waktu yang lama untuk mencobanya dengan mengubah2 variabel. Setelah itu kita diajak mbak Harum buat foto2 di Patrajasa. Wuiih kita gila2an foto2nya sampe2 masuk ke bagian dalam yang ada kolam renangnya (cuma yang cewek2 2 cewek sih yang gila bgt foto. .haha). Karena udah maghrib *mau latihan futsal juga* kita semua tanpa terkecuali pulang duluan walaupun acara masih berjalan sampe jam 10 malem -__-. Menuju parkiran pun kita masih nyempetin foto2 karena lampu2 di kola udah dinyalain ^.^
Setelah sholat dan ganti baju kita (Aku, Puji, Fuu, Mita, Fanii) berangkat dari kosannya Mita ke Radja Futsal. Disuruh dateng ma manajer clubnya, Ninda,, jam 6 tapi kita dateng jam stg 7. .hehe. *Latihan perdana udah telat :p*. Kita latihan futsal untuk mempersiapkan turnamen futsal cewek yang diadain oleh HMTP (Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi) Juni mendatang. Sesampainya kita langsung disuruh ma mas Rian -Komting 2007- sebagai pelatih lari keliling lapangan 2x. Selain kita berlima juga ada mb Risa dari 2010. Kita diajari teknik2 dasar dari passing, menyundul, menembak, membawa bola dan menghindari lawan, lari mundur,dll. Keringat pun mengucur derass. Makanan yang tadi di makan di Patra pun terbakar sudah. .hehe. Mbak Risa kerenn bggt lho. Katanya waktu di SMA emang udah main futsal. Kita selesai jam 8.
Wuiih capek tapi menyenangkan deh hari ini.