Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

Kuliah HMTK? Apa itu?

Kuliah HMTK itu salah satu rangkaian dari acara pra LT. Apa itu LT? LT singkatan dari Leadership Training. LT ini sejenis LKMM. Klo LKMM itu menyiapkan kita sebagai mahasiswa nah klo LT ini menyiapkan kita sebagai seorang pemimpin (bener ga ya?). Jadi di LT diajarkan segala hal tentang kepemimpinan. Nih acara wajib bagi staff HMTK. Nah di kuliah HMTk ada 3 sesi *sepertinya*. Hari ini kuliahnya tentang pengenalan lebih jauh dengan HMTK, mulai dari sejarah terbentuk, hubungan HMTK dan Biro, kenapa semua 2011 jadi staff HMTK, dll.

Dept Hublu kuliah jam 10. Kuliahnya cuma satu jam doang. Pematerinya yaitu Kadep sekdep HMTK 2010. Tau ga? kadep sekdepnya cowok semua lhoo. .biasanya sekdep cewek kan yaa. .hhe
Selama kuliah aku, boci, and zakiyah aasyiik gosip sendiri malah. .haha. Habis atmosfer kuliahnya agak membosankan sih. .haha.
Haloo blog. .

Ga kerasa udh smt 2 ya? Dan pasti klo smt baru juga ada praktikum baru. Praktikum di smt 2 ini namanya Praktikum Dasar Teknik Kimia 2. Klo dlu PDTK 1 lebih mengarah ke kimia analisis skg mengarah ke kimia fisis. (hayo lho apa itu kimia analisis dan apa itu kimia fisis? aq aja ga mudeng tuh kuliah apaan. .wkwk). Jadi dalam PDTK 2 materinya itu menganalisis senyawa organik seperti karbo, protein, lemak; elektrokimia, panpel dan sft (panas pelarutan dan kelarutan sbg fungsi suhu), dll. Praktikumnya 4 jam lho -___-. Dan lo tau harga alat2 dsini mahaaal bgt. Bisa nyampe jutaan. Klo ada satu alat yang pecah harus belinya rangkaian. Harganya itu mulai dari 2 Jt-10 an juta gitu. Gilaa ga tuh? Udah ganti kena poin lagi klo mecahin. Naudzubillah deh, jangan sampe mecahin. Katanya Angkatan 2010 dlu total pengeluaran bwt ganti alat2nya nyampe 10 Juta. OMG! Dan kemarin ada satu kelompok angkatanku yang mecahin. Lebih tepatnya bukan mecahin sih, jadi alatnya itu udah agak rapuh nah waktu dipake kesentuh dikit langsung retak n pecah gitu. Dan alat itu harganya 2jt. Sebagai keluarga kita iuran untuk membantu mereka. Kasian masih praktikum pertama harus mengalami seperti itu.

Klo udah praktikum tuh hawanya harinya cepet bgt. Ga ada kehidupan sepertinya, hidup hanya untuk laporan -___-. Di krs 2 sks tapi kenyataanya lebih dari 24 sks. Fiuhh. Semoga di PDTK 2 ini bisa zero point kelompokku. Aminn

Sabtu, 17 Maret 2012

Hari ini aku ikut pelatihan web (DIGITRAN) yang diadain NIC BEM FT UNDIP 2012. Jam 8 mulai. Kita diajarin bikin web lewat joomla. Karena tadi datang telat, tapi materi ga ketinggalan lhoo, aku ma temen ku jadi di bag belakang mana kurang kelihatan dan ga begitu kedengaran soalnya pemandunya cepet banget, jadi kita sering tanya deh ke panitia yang ad di belakang2 -___-.

Pelatihannya 4 hari (17-18 maret ma 24-25 Maret 2012). Semangat aja deh buat besok. ^-^
Ni dia Kiat kuliah biar g ssttrreess (copas dari grup Keluarga Inisiatif 2011) :

1. Ingin kuliah lancar? Minum VEGETA setiap hari

2. Ingin skripsi lebih selesai dgn cepat? Pake MOLTO ULTRA sekali bilas

3. Mau cepet ngerjain soal UAS ? Pake RINSO kekuatan 10 tangan!

4. Dosen: kertas UAS kamu kenapa kosong? | mahasiswa: pake BAYCLEAN, kertas putih seperti baru!

5. Sayangi IP-mu!! GARNIER

6. Pak, katanya cuman 4 soal, kok ini jadi 5 | Satu lagi dari
MAYORA….

7. Jawaban ujian bocor ? pake NODROP, pelapis soal anti bocor

8. PA (Pembimbing Akademik): nilai kamu kenapa C semua? | mahasiswa: saya minum UC1000, mengandung 100% nilai C!

9. Dosen: gimana uasnya? | Mahasiswa: MAMAMIA LEZATOS

10. Skripsi mampet? Ya DIAPET

11. skripsi BAB 4 trsendat? minum VEGETA, BAB lancaaaar….

12. Dipanggil KaJur karena bermasalah? SARIWANGI, mari nge-teh
mari bicara

13. Dosen : Kamu nyontek ya?!?!?! | mahasiswa : Cuma REJOICE kok

14. Maaf bapak telat | emang darimana pak? | dari TELKOMSEL

15. Ini jawaban punya siapa..? | Punya INDOSAT

16. Jadwal kuliah ketat? Minum WRP aja. Sure u can do, a healthy schedule

17. IP turun? Jangan khawatir, Pake KOZUI SLIMMING SUIT, mengencang IP sehingga naik 2 cm.

18. Kamu habis UAS ya? | Engga kok, cuma pake shampoo.

19. Maaf pak boleh bicara sebentar? | Bicara 30 menit hanya bayar 6 menit.

20. Mahasiswa : Pak, IP saya berapa? | Dosen : 2,4 | Mahasiswa : Kalo 3,4 boleh gak pak ? | Dosen : Jangan ditawar (pingsan)

21. IP-mu mengalihkan duniaku

22. UAS dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin

23. Eh, ada gak sih yang lebih bagus dari pak Z kalo ngasi nilai? | Yang lebih bagus ? Yang lebih mahal, banyak.

24. Kok nilai IP gue tinggi ya ? Karena otak ga pernah bohong

25. Bebas tugas, bebas memilih IP, bebas kapan mau lulus. MAU? hanya di tri

26. Banyak kata kerja dalam kamus bahasa Indonesia | nyontek, ngulang, ngebet, nongkrong, ngekost, molor, bolos, ujian, nonton

27. (di ruang rektorat) A : Permisi, Pak Rektornya ada ? | B: Lagi keramas

28. Mahasiswa cowok: Bu, kok nilai UTS saya cuma dapat 30 ? Kecil banget ? | Ibu dosen: karena cowok suka yang minim

30. Besok UAS tapi nggak belajar?? APA KATA DUNIA ??1.

31. dapet E ?! Enjoy Aja

32. Dosen: kenapa milih saya jadi pembimbing kamu? | Mahasiswa: Ga ada loe ga rame !

33. Nggak ada UAS, Ya nggak belajar

34. Mengulang kuliah itu hal biasa, life is never flat

35. Dek, mau coba kerjain soal uas saya gak? | Gak ah bang, buat anak kok coba-coba

36. Sesudah UAS berasa healthy inside fresh outside #UC1000

37. Bimbingan putus-putus? Kami ganti

38. Begitu tau dosen ga masuk itu, kaya ngebelah atmosfir berlapis-lapis, Menuju rasi bintang paling manisss….

39. Dosen: Apa susahnya dapet A, masuk ga pernah, UAS ga pernah. Mahasiswa: Aku ga punya KRS!

40.Cara supaya kita deket sama dosen? | dilihat, diraba, diterawang.

41. UAS – connecting people

42. Kok suka banget sih duduk paling depan? | Ya dong, soalnya kursi ini anti kerut anti bocor

43. UAS duduk di depan: Terdepan Mengabarkan

44. Cewe: Yank, Aku nggak kuat hafalin kisi kisi UAS | Cowo: Tinggal lep… Tinggal lep…

45. Dosen: kita ga jadi quiz. Mahasiswa: I’m lovin it

46. Punya masalah dengan nilai UAS !| PEGADAIAN *mengatasi masalah tanpa masalah*

47. Yang ini ngulang…. Yang ini enggak..

48. Dosbing: Kenapa sih kamu kalo nulis skripsi kayak curhat
begini? | Mahasiswi: karena wanita ingin dimengerti

49. Santai belum lengkap tanpa SeKRIIPSIII….

50. IP gue kecil banget, nih. Elo gimana? | Gede sih, tapi, rela bagi-bagi ?

51. Pikiran pecah-pecah gara-gara Skripsi? Ademkan dengan ADEM SARI.

52. Anak ibu IP-nya rendah? Oooh tentu tidak, kan udah minum COMBANTRIN

53. Males kuliah dan bolos terus? STOP dengan ENTROSTOP

54. Nilai IP saya 4 ! Mau seperti saya, berlatih keras dan makan sosis SO NICE!

55. Mau kuat waktu ditanya pas sidang skripsi? Pake MITO! Handphone nya Master Limbad.

56. Ngantuk di kala dosen mengajar? Tuntaskan dengan KALPANAX.

57. Gak nyaman ngerjain UAS ? makanya pake aki GS ASTRA, nyamannya ekstra

58. Ingin jawaban UAS berbobot? Minum L-Men! Trust me, it works.

Selasa, 28 Februari 2012

Halo Blog!
Apa itu cigivers? Cigivers itu nama buat staf Dept Hubungan Luar Masyarakat dan Alumni (Hublu) HMTK. Aku termasuk cigivers HMTK '12 lho. Kenapa namanya cigivers? Karena dept hublu ini cirinya adalah memberi, mencari dan peduli yang mencirikan 3 divisi di dalamnya (Hublu, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni). Jargon dept hublu '11 aja "Kami mencari, kami memberi, kami peduli" -gerakan jargonya lucu lho-. Tapi buat yang 2012 jargonya "Memberi dengan Ikhlas, Peduli tanpa Batas"

Awal Menjadi Cigivers
Beberapa hari setelah pelantikan kami diberi kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan dan disitu kita juga mencantumkan pilihan untuk jadi staf ato tim litbang (di HMTK semua angkatan baru wajib masuk jadi staf lho, beda dengan HM jurusan lain yang pake sistem oprec). Kita diberi 2 pilihan. Aku milih dept hublu dan dept kesma (kesejahteraan mahasiswa). waktu itu aku wawancara pada hari terakhir karena sakit. Dan gara2 sakit juga waktu itu aku ga ikut pendas lapang oxy. huhu. .Balik kesini lagi. Aku wawancara dengan mbak dian, sekdept hublu. Wawancara kira2 hampir 1 jam. Kata mbak dian aku interviewee yang paling lama dari yang lain. Dan katanya juga alste '11 banyak yang daftar di dept ini.

Selang dua hari aku dapet sms malem2 (yang aku heranin kenapa sms diterima organisasi pasti malem2, ga HM, ga BEM o_O) dari kadept dan sekdeptnya kalo aku diterima jadi staf dept hublu alias cigivers :). Besoknya kita kumpul dan dijelasin proker2nya di hublu dan saat itu juga terbentuklah jargon kita.

"Memberi dengan Ikhlas, Peduli tanpa Batas" :)

Minggu, 12 Februari 2012

Ini dia keluarga ku di Teknik Kimia Undip.


Inisiatif namanya. Awal mula terbentuk ketika HMTK '09 dan para evaluator meminta kami untuk memberikan satu kata yang mencirikan kami. Dan setelah beberapa nama yang diusulkan waktu evaluasi seperti Sinergis, Gigih, Inovatif, Unbelieveable (ini nih nama yang paling membuat aku ketawa saat temen q ngusulin ini. .hehe),dll terpilihlah kata INISIATIF.

Dulu kami terdiri dari 178 orang dan lama2 menciut menjadi 174 orang karena ada yang keluar gara2 ga bentah lah *cowok2 lho yang keluar, cupu yaa -___-* dan ada juga yang keterima stan.
Selama 5 bulan ini kami benar2 berjuang untuk menunjukkan klo kami benar2 inisiatif. Huh paling sebel ya klo jargon ini dihina2 ma kakak2 angkatan yang mulai diplesetin jadi "inisibego, inisibanci" dan sampai ada kata2 "sebenernya inisiatif itu beda tipis dengan sok tau" HUH. .emang sih nih kata klo menurut ku emang gampang buat dijatuhin oleh angkatan2 lain. Tapi aku senang dan bangga menjadi INISIATIF. :)

Semoga selalu kompak dan tetap inisitiatif.
komting: 2011!
semua: INISIATIF!

Sabtu, 05 November 2011

Haiii blogger. .Akhirnya seorang Riang kembali ngeblog. Setelah berapa lama ya ga ngeblog?

Jadi anak Teknik itu memang berat. Ya itulah yang aku alami. Kehidupan Kampus ala anak Teknik. Terutama Teknik Kimia Undip. Udah 2 bulan aku menjadi keluarga besar Tekim Undip. Oke aku akan cerita singkat tentang 2 bulan ini. Mumpung lagi UTS nih jadi bisa berbagi cerita. .hhe

Di Tekim undip, punya ciri tersendiri Mahasiswa baru 2011 ga bisa langsung jadi angkatan 2011. Tapi kami menjadi Keluarga dulu. Keluarga Inisiatif namanya. Untuk punya nama ini kita melalui perjalanan yang amat panjang lho. *haha bahasanya lebay banget*. Kita diberi evaluasi dari "bapak" kita, yaitu angkatan 2009. Apa itu evaluasi? Yah semacam retorika waktu di smaga lah ( ga lupa kan retorika itu apa? haha. Aku udah sering cerita di blog ^^)

Kita diberi tugas2 angkatan. Mulai dari bikin katalog keluarga, bikin acara temu angkatan, LKMM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa), Panitia POR Tekim, dan yang terakhir kemarin yaitu Presentasi Kelayakan (tapi kita belum layak untuk jadi angkatan. .ckck). Kita disini bener2 dituntut untuk bisa memanajemen waktu. Nih ya, selain ada evaluasi rutin tiap minggu -kadang 2x seminggu- kita harus praktikum. Praktikumnya terasa agak berat, soalnya kita harus bikin proposal, laporan2nya. Klo kita ga tepat waktu, poin kita bisa baannyaakkk banget. Maksudnya poin yaitu nilai jelek. Salah satu contoh poin nih telat masuk lab itu 5 poin tiap 5 menit. Tapi sekarang jadi 20 poin. Bisa bayangin dong klo telat 10 menit? -.- Trus ada poin klo kita ga tutup pintu asisten lab, ga acc titrasi, ga acc laporan setelah 2 minggu praktikum, dan berbagai macam poin. Manalagi aku kebagian jatah praktikum hari Jumat. Hari Jumat itu ada Olahraga, selesai jam setengah 8, sedangkan praktikumku jam 9. Ribeet banget pokoknya klo hari jumat tuh. Paling ribet tuh klo kita ada jadwal renang. Renangnya tuh di Jatidiri. Jadi kita harus cepet2 gitu buat ke kampus. O ya saat ini poinku udah 180an lho. .haha

Selama kuliah aku punya kebiasaan baru, yaitu jarang mandi dan tidur malamm bahkan ga tidur. hehe. Jadi harap maklum ya klo kalian yang main ke Undip ato anak Undip jurusan lain, lihat anak cewek Tekim itu ga cantik dan ga gahoel. haha. Ya karena kita berkutat dengan laporan dan berbagai tugas. -.-

Yang paling mengenaskan adalah para anak Tekim Undip, orang Semarang, mereka jarang pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga mereka. Sediih banget ya. .Ada satu temenku, anak Semarang, Ibunya sampai bilang gini "Jangan sampai lupa klo km juga punya keluarga disini (keluarga asli), jangan cuma ngurusin keluarga yang itu (Keluarga Inisiatif)." :(

It's time to show off ^^. Haha
Waktu LKMM, aku mendapat predikat 10 besar terbaik lho. .aku peringkat ke-6. Sebenernya waktu ngikutin LKMM aku ga begitu berharap dapet 10 besar. Aku aja sempet ketiduran waktu materi di LKMM. .hehe. Yah tapi alhamdulillah yaa. .hehe
Trus yang kedua aku kepilih peserta magang BEM KM Undip 2011. Yang ini juga, aku juga ga begitu niat waktu daftar ini, masalahnya ya, aku masih di tahun pertama, masih belum bisa memanajemen waktu. Ya tapi alhamdulillah ketrima, semoga bisa nambah soft skill aku. Semoga walapun aku aktif di organisasi, kuliahku ga keteteran deh, dan lulus tepat waktu. Amin

Sebenernya aku pengen cerita perdetailnya kegiatan2 yang di atas. Insya Allah ya akan aku ceritain. Semoga ada waktu untuk kita berjumpa lagi blogku. .haha

Untuk di terakhir postingan aku ingin salam,
HIDUP MAHASISWA!!!
 
Copyright (c) 2010 Cheerful Blog. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.